come and join us

Jumat, 30 Oktober 2015

beda sleep dengan hibernate

b8fb074f4b163ae25520a63b13e9c9f930b17985
KETIKA kita akan mematikan laptop, kita pasti menemukan berbagai pilihan seperti shut down, sleep, dan hibernate. Fitur yang dikembangkan oleh Windows ini melibatkan media penggunaan daya listrik, media penyimpanan data dan waktu pengaktifan kembali, bila diartikan dalam bahasa Indonesia sleep dan hibernate mempunyai pengertian yang sama, lantas apa perbedaannya? Berikut adalah penjelasan dari kedua fitur tersebut.
1. Hibernate
Hibernate hampir mirip dengan Shutdown yaitu mematikan komputer secara keseluruhan, perbedaanya pada hibernate, sebelum komputer dimatikan isi dari memori atau RAM disalin ke hardisk terlebih dahulu sehingga ketika komputer dihidupkan kembali tidak membutuhkan waktu yang lama, karena isi RAM sudah ada di harddisk dan akan diambil alih kembali. Konfigurasi komputer akan tersimpan, jadi saat aplikasi dijalankan sebelum hibernate, maka pada saat komputer dihidupkan aplikasi tersebut juga terbuka (masih ada). Ini sangat membantu apabila akan meninggalkan komputer untuk waktu yang cukup lama kemudian berniat untuk memakainya kembali nanti.
Manfaat lain dari hibernate adalah, memudahkan kerja, jika kita sedang banyak melakukan aktivitas di laptop dan tidak sempat menyimpan satu-persatu maka kita bisa lakukan hibernate. Kita bisa menghemat daya laptop karena aktivitas bisa dihentikan tanpa harus menyimpan satu-persatu dan bisa dimatikan tanpa harus mengeluarkan program2 yang sedang kita buka. Selain itu kita juga bisa melakukan hal yang lainnya tanpa harus menyimpan dahulu semua kegiatan pada laptop.
2. Sleep
Sleep adalah keadaan power-saving yang memungkinkan komputer kembali beroperasi dengan full-power (daya penuh) setelah beberapa detik. Dalam keadaan sleep biasanya media input seperti, flashdisk, Media player, Display layar, akan berhenti akses. dan Anda bisa memulainya lagi jika menginginkanya, karena semua program aplikasi pada memory (RAM) masih bisa dijalankan kembali.
Bisa dikatakan sleep itu seperti manusia dalam keadaan tidur, beda dengan mati atau kondisi shut down yang menutup semua program. Dalam jangka waktu pendek jika Anda ingin menggunakan lagi komputer tersebut, Anda lebih baik menggunakan log off Sleep, dari pada komputer harus di shut down atau log off secara hibernate. Karena pada metode sleep, beberapa dokumen dan program yang terbuka masih tersimpan pada RAM dan siap untuk di jalankan lagi secara instan. Beda dengan hibernate, yang menyimpan dokumen yang sedang terbuka dan program pada hard disk. []islampobia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar