come and join us

Kamis, 14 Januari 2016

mencangkok ..grafting

image
Mencangkok adalah salah satu kegiatan berkebun yang menyenangkan. Karena ada harapan besar kita bisa memperbanyak tanaman koleksi kita. Kelihatannya gampang, tapi tidak selalu demikian, karena seringkali gagal yang didapat
Berikut teknik mencangkok ala superbuah yang praktis dan tidak melelahkan seperti metode konvensional. Yang membedakan hanyalah bahan dan teknik pembungkusan saja.
Berikut tahapan-tahapannya :
1. Sediakan media cangkok yang bagus, yakni yang bisa menyimpan air cukup bagus dan membuat perakaran tanaman tidak rusak ketika dipindahkan ke lokasi penanaman baru. Kami sarankan cocopit (remahan sabut kelapa), moss (berbahan lumut yang dikeringkan), humus bambu, dan bahan sejenisnya yang bisa anda ekperimen sendiri
2. Bungkus bahan, dalam hal ini kami pakai cocopit, menggunakan plastik yang biasa digunakan untuk membuat ws batu menyerupai lontong.
3. Kerik tanaman yang akan dicangkok sehingga kambium benar-benar hilang. Bila perlu kerik 2 kali, yang ke 2 dilakukan ketika hasil kerikan yang pertama sudah kering sehingga mudah mengidentifikasi kalus-kalus kambium yang masih tersisa, biasanya berupa jaringan tipis berwarna keunguan. Yang keunguan ini dikerik lagi supaya kambium benar-benar hilang.
4. Sobek lontong cocopit tadi pada satu sisi dengan pisau seperti gambar di atas.
5. Rekatkan lontong tadi pada cabang yang akan dicangkok yang sudah dikerik tadi sehingga cocopit bisa menutup seluruh jaringan yang dikerik.
6. Ikat kencang-kencang sehingga tidak goyah. Tunggu sampai keluar akar, biasanya kalau bagus 3 minggu sudah mulai keluar akar tergantung jenis tanamannya juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar