come and join us

Minggu, 21 Februari 2016

Chip Data Kekal 5D Rekam Semua Sejarah Manusia


Teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita, semua yang kita telah pelajari tidak akan dilupakan

Chip Data Kekal 5D Rekam Semua Sejarah ManusiaKitab Raja James disimpan di salah satu chip. (ORC-University of Southampton)
Dalam rangka melestarikan cerita kita, kita menggunakan ukiran dan lukisan gambar dan teks pada batu dan dinding-dinding gua. Saat ini, salah satu dari kita dapat menyimpan ratusan ribu dokumen lebih murah, dengan USB sebesar ibu jari, melestarikan mereka selama beberapa dekade.
Para ilmuwan di University of Southampton mengambil satu langkah luar biasa lebih lanjut terkait hal ini. Mereka mengumumkan telah mengembangkan metode untuk merekam data yang dapat bertahan lebih lama dari umat manusia itu sendiri.
Kembali pada tahun 2013, tipe baru teknologi penyimpanan data debut dengan tim universitas dari Optoelectronic Research Centre (ORC). Abstrak disajikan pada konferensi yang mengungkapkan bahwa salinan 300 kilobyte dari file teks tercatat menjadi bentuk khusus pada kaca, berbentuk chip kecil yang telah dimanipulasi oleh laser.
Dorongan yang sangat cepat dan intens cahaya mengubah struktur nano dari chip kaca silika, menciptakan titik sangat kecil yang bisa menyimpan informasi hingga tiga bit individu. String titik tersebut sejajar dalam tiga lapisan itu, ketika selaras di atas satu sama lain, yang tidak lebih tebal dari lebar rambut manusia.
Data ini dikatakan telah diawetkan dalam lima dimensi (5D): posisi tiga dimensi dari titik data di dalam kaca tercatat, bersama dengan dua dimensi tambahan yang disediakan oleh intensitas dan pola gelombang (polaritas) dari laser yang digunakan untuk membentuk titik. Para ilmuwan kemudian mampu membaca file teks yang dikodekan, dalam hal ini adalah abstrak  pada konferensi 2013 itu sendiri.
Tim ORC mempromosikan perangkat mereka menjelang International Society for Optical Engineering Conference di San Francisco. Mereka mencatat beberapa dokumen besar ke chip mereka, termasuk Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB, optik Isaac Newton, dan Magna Carta, semuanya ada dalam satu 5D. Namun, aspek 5D ini bukan benar-benar bagian revolusioner dari teknologi dengan kapasitas yang luar biasa dan ketahanan masing-masingchip.
Para peneliti mengklaim bahwa setiap chip, ada yang dapat masuk ke telapak tangan Anda, menyimpan hingga 360 terabyte data. Jika diasumsikan dalam ukuran satu e-book adalah dua megabyte, maka satu chip 5D akan mampu menyimpan 180 juta e-boook. Menimbang bahwa sekitar 130 juta buku telah ditulis, catatan sejarah umat manusia bisa benar-benar dipertahankan pada satu chip tunggal.
Chip ini juga akan cenderung hidup lebih lama dr spesies kita sendiri. Mereka tetap stabil hingga 1.000 ° C (1.832 ° F), dan pada suhu bahkan 190 ° C (374 ° F), mereka akan bertahan selama 13,8 miliar tahun.
"Ini mendebarkan jika berpikir bahwa kita telah menciptakan teknologi untuk melestarikan dokumen, dan informasi lalu menyimpannya dalam ruang untuk generasi mendatang. Teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita, semua yang kita telah pelajari tidak akan dilupakan,"jelas Profesor Peter Kazansky dari ORC .
(K.N Rosandrani/Robin Andrews/Iflscience)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar