come and join us

Sabtu, 19 September 2015

EFEKTIF DAN EFISIENKAN KERJA ANDA




Apakah Anda termasuk pekerja yang sering lembur karena masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan? Atau Anda tidak pernah pulang malam walaupun tugas dan tanggung jawab Anda sebagai seorang sekretaris banyak? Terlalu sering lembur bisa jadi malah merugikan Anda. Bukan hanya menyebabkan kelelahan fisik dan tak punya kehidupan sosial, tapi juga membahayakan karir. Bos Anda akan heran, mengapa Anda takbisa menyelesaikan pekerjaan dalam 8 jam seperti karyawan lain. Akibatnya, Anda  bisa dicap sebagai seorang sekretaris yang kurang kompeten. Jadi, bagaimana caranya agar bisa pulang tepat waktu dan semua tugas selesai? Cobalah strategi berikut ini :
1.      Kerjakan tugas  berat di pagi hari
Biasanya kita memulai pagi dengan pekerjaan ringan seperti menelpon klien atau menjawab email. Dan menyisakan setumpuk pekerjaan berat di sore hari, pada saat konsentrasi dan energi sudah menurun. Cobalah dibalik, pekerjaan berat dilakukan pagi hri. Karena pikiran kita masih fresh, apalagi harus membuat konsep surat. Kalau siang hari, sering kita terganggu dengan telepon berdering sehingga akan mengganggu kosentrasi Anda. Menyelesaikan pekerjaan berat terlebih dahulu memberikan dorongan psikologis sehingga bisa bekerja efektif sepanjang hari.
2.      Hindari miss gossip
Basa basi memang perlu, tapi kalau terlalu panjang hanya akan membuang waktu. Akhiri saja percakapan dengan kalimat terimakasih atas kehadiran Anda siang ini. Lantas segeralah berdiri. Pada kondisi tertentu, orang sulit menangkap arti ucapan verbal. Tapi, kalau diikuti dengan tindakan, pasti mereka langsung mengerti.
.      Majukan Deadline
Kalau pekerjaan Anda tergantung pada hasil kerja orang lain, minta mereka menyelesaikan tugas dengan cepat. Jadi bila ada keadaan mendesak seperti rekan kerja yang sakit atau salah satu komputer rusak, pekerjaan Anda tidak terhambat.
4.      Bicara efektif di telepon
Gantilah salam di answering machine dan voice mail, misalnya, “ Saya akan kembali ke kantor sekitar jam tiga sore. Mohon tinggalkan nama, keperluan, nomor telepon dan kapan waktu yang tepat menghubungi Anda” . Jangan lupa berlaku sebaliknya jika Anda ingin meninggalkan pesan.
5.      Bijak memanfaatkan tekonologi.
Begitu suara handphone terdengar, apa yang Anda lakukan? Langsung membaca SMS atau memeriksa voice mail atau pada saat e-mail masuk, Anda langsung membacanya? Ingat, jangan sampai kecanggihan teknologi membuat Anda tidak bisa menyaring pesan yang masuk. Terlalu sibuk membaca email dan SMS bisa membuat pekerjaan dan konsentrasi terganggu. Beban mental bertambah karena ada yang harus Anda kerjakan. Anda bisa menyiasatinya dengan mematikan dering telepon dan email aleri di komputer. Agar lebih efisien, periksa email di pagi hari, pada jam istirahat atau sebelum pulang. Jangan lupa, tulis pesan sesingkat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar